Thursday, April 19, 2018

Membahas Tentang Sejarah Agama Hindu

Membahas Tentang Sejarah Agama Hindu

Seputar Agama Dunia - Agama hindu adalah satu diantara agama yang di akui di indonesia, sebagian besar pemeluk agama hindu yang berada di indonesia dari daerah bali namun didaerah lain banyak juga yang memeluk agama hindu. Agama hindu adalah sejarah untuk indonesia.

Agama hindu lahir lantaran latar belakang yang telah tercantum dalam sejarah agama hindu, di mana seperti yang seringkali kita kenali kalau agama hindu memiliki beragam jenis kasta dalam kelompok orang-orangnya, dan memiliki beragam jenis dewa yang mereka sembah. Namun menurut R. Antoine begitu susah apa apabila untuk mendeskripsikan Hinduisme, karena Hinduisme bukanlah satu agama yang cuma dengan syahadat tunggal di mana kebanyakan orang tidak mesti mematuhinya.

Hinduisme lebih cenderung jadi satu federasi beragam pendekatan pada kenyataan yang ada di balik satu kehidupan. Namun di indonesia sendiri agama hindu telah di akui oleh pemerintah kalau agama hindu adalah satu diantara agama yang disahkan pemerintah.

Sejarah Agama Hindu 

Agama hindu sesungguhnya lahir serta tumbuh dan berkembang dari kebiasaan yang di ajarkan oleh kitab weda. Di mana penganut dari ajaran kitab weda datang dari bangsa arya. Di sekitaran th. 1500 SM bangsa arya mulai masuk lokasi india, pada perkiraan bangsa arya masuk india dengan lewat celah kaiber dengan dengan bergelombang.

Pada pertama kalinya suku arya yang menempati lembah indus dan menekan suku Dravida, di mana yang perlu kita ingat kalau bangsa dravida memiliki pusat di Mohenjo Daro dan Harappa. Karna bangsa dravida tertekan oleh bangsa arya, peradapan dari Mohenjo Daro dan Harappa alami kemunduran. Serta lalu bangsa arya menebar di beberapa lokasi, diantaranya ke Lembah Sungai Gangga dan Yamuna. Di dalam penebarannya bangsa arya ada yang menyelenggarakan pernikahan dengan bangsa dravida serta lalu terjadilah orang-orang dengan generasi yang baru.

Di mana orang-orang dengan generasi yang baru dimaksud dengan bangsa Hindu. Kebiasaan dan keyakinan yang di anut bangsa Hindu itu yang lalu dimaksud dengan agama dan kebudayaan Hindu. Walau perubahan dari bangsa arya serta dravida yang beralih ke jaman Hindu, namun ajaran yang mereka anut tetaplah memakai kitab weda yang dulu dipakai oleh bangsa arya.

Agama hindu adala agama yang menyembah dan memuja serta mempercai beberapa dewa. Dewa yang paling penting dimaksud dengan Trimurti, trimurti sendiri adalah kesatuan dari tiga dewa. Supaya lebih terang mari kita ulas berikut ini.

  • Trimurti (Kesatuan Tiga Dewa) 
  • Dewa Brahma (Jadi Pencipta) 
  • Dewa Wisnu (Jadi Dewa Pemelihara) 
  • Dewa Siwa (Jadi Dewa Pelebur) 

Di dalam praktek pemujaannya dewa-dewa itu diwujudkan dalam satu bentuk patung. Di mana patung adalah unsur yang begitu perlu untuk agama hindu. Sumber ajaran dari agama hindu yaitu kitab weda yang disebut kitap suci agama hindu. Kitab weda sendiri terbagi dalam empat sisi salah satunya.

Empat Bagian Kitab Weda 


  • Rigweda yang diisi puji-pujian untuk beberapa dewa.
  • Samaweda yang diisi nyanyian suci.
  • Yayurweda yang diisi mantera-mantera.
  • Atharwaweda yang diisi doa-doa jadi penyembuhan.

Yang seringkali kita kenali kalau kehidupan orang-orang hindu dibagi dengan kelas dan kasta yang pada umumnya orang-orang hindu dibagi dalam empat kasta yakni.

Empat Kasta Orang-orang Hindu 


  • Kasta Brahmana yang terbagi dalam beberapa pendeta.
  • Kasta Kesatria yang terbagi dalam beberapa raja dan keluarganya, beberapa bangsawa, dan beberapa prajurit.
  • Kasta Waisya yang terbagi dalam beberapa entrepreneur, beberapa pedagang dan beberapa petani.
  • Kasta Sudra yang terbagi dalam pelayan, pekerja kasar, dan rakyat jelata.

0 comments:

Post a Comment