Monday, April 23, 2018

Sejarah Agama Kristen Protestan dan Katolik

Sejarah Agama Kristen Protestan dan Katolik

Seputar Agama Dunia - Yesus dikandung oleh Kuasa Roh Kudus serta dilahirkan oleh Perawan Maria. Ibunya yang bernama Maria disadari tetap masih perawan sesudah melahirkan Yesus. Meskipun telah menikah dengan Yusuf, Maria sekalipun belum juga sempat bersetubuh dengan suaminya itu. Yesus di besarkan dalam keluarga simpel. Ayah-Nya seseorang tukang kayu, begitu juga dengan Yesus sendiri. 

Yesus yaitu bentuk Allah dalam rupa manusia. Ia rasakan apa yang dirasa oleh manusia. Ia tertawa, sedih, bahagia, menangis, geram, serta kecewa. Supaya sama juga dengan manusia, Yesus merendahkan diri-Nya dengan dibaptis. Pada saat itu, Yesus datang hampiri Yohanes serta memohon Yohanes untuk membaptis-Nya. Awal mulanya, Yohanes menampik untuk membaptis Yesus. Karna berasumsi dianya tidak layak untuk membaptis Kristus Sang Juru S’lamat. 

Awal Mula Pengenalan Agama Kristen 

Yesus dikandung oleh Kuasa Roh Kudus serta dilahirkan oleh Seorang Wanita Perawan Maria. Ibunya yang bernama Maria disadari tetap masih perawan sesudah melahirkan Yesus. Meskipun telah menikah dengan Yusuf, Maria sekalipun belum juga sempat bersetubuh dengan suaminya itu. Yesus di besarkan dalam keluarga simpel. Ayah-Nya seseorang tukang kayu, begitu juga dengan Yesus sendiri. Menurut kesaksian seorang wanita yang berasal dari orang majus timur berkata bahwa mereka penuh berkat melihat kelahiran Kuasa Roh Kudus.

Era 4 Hingga 8 SM 

Agama Kristen dapat ada sekarang ini berawal dari ajaran Yesus Kristus. Ya, Yesus sendirilah sebagai pelopor agama Kristen didunia. Sekitaran era 4 sampai 8 SM, Yesus lahir di kota Betlehem yang terdapat di Palestina. Tetapi, banyak kebiasaan yang menyebutkan kalau Yesus lahir pada semula kehidupan ada yakni pada Bln. Desember th. 1 SM. Tersebut sebagian perubahan dari era 4-8 SM : 

Sesudah dikerjakan pengkajian lebih dalam, Yesus betul-betul lahir th. 4 – 8 SM. 
Bisa dibuktikan dari ada bintang yang membimbing orang Majus untuk lihat kelahiran Yesus. 
Bintang itu diberi nama dengan bintang baru yang jelas benderang. Untuk bln., Yesus dilahirkan pada musim semi serta musim gugur. 
Ada empat injil yang mengulas mengenai Yesus. Empat injil itu adalah injil dalam kitab Kesepakatan Baru yakni Matius, Markus, Lukas, serta Yohanes. Yesus diakui lahir ketika Raja Herodes tengah berkuasa di tanah Yunani. 

Ajaran Mulai Di kenal (Yesus Meninggal dunia) 

Matius 3 : 13-17 “Maka datanglah Yesus dari Galilea ke Yordan pada Yohanes untuk dibaptis. Namun Yohanes menghindar Dia, tuturnya : “Akulah yang butuh dibaptis oleh-Mu, serta Engkau yang datang kepadaku? ” Lantas Yesus menjawab, kata-Nya padanya : “Biarlah hal tersebut berlangsung, karna sekianlah sepatutnya kita menggenapkan semua kehendak Allah. ” Serta Yohanes juga manuruti-Nya. Setelah dibaptis, Yesus selekasnya keluar dari air serta pada saat itu juga langit terbuka serta Ia lihat Roh Allah. Seperti burung merpati turun ke atas-Nya. Lantas terdengarlah nada dari sorga yang menyebutkan : “Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah aku berkenan”. 

Kehidupan yang dikerjakan Kristus, dalam menggerakkan serta menjaga iman Kristennya seperti berikut : 

  • Sepanjang masa hidupnya, Yesus alami banyak penolakan. Yang paling besar waktu Ia mesti disalibkan di Bukit Golgota. Kedengkian Golongan Farisi serta Ahli-ahli Taurat buat Yesus mesti disalibkan. 
  • Agama Kristen yakin kalau momen kematian Yesus tidaklah akhir dari semuanya. Tetapi jadi permulaan atau awal. Tiga hari lalu, Yesus bangkit dari pada orang mati. Kebangkitan-Nya jadi bukti besarnya Kuasa Allah. 
  • Selesai memperlihatkan diri, Yesus pergi serta menghilang. Menghilangnya Yesus tidaklah hanya Ia pergi meninggalkan dunia. Cuma saja, manusia tidak bisa sekali lagi memandangnya dengan mata telanjang. Saat ini, Yesus sudah beralih jadi Roh yang senantiasa ada untuk mengikuti manusia. Termasuk juga untuk mendampingimu. Dimanapun anda pergi, apa pun yang anda kerjakan, ingat-ingatlah, Yesus tidak sempat meninggalkanmu. 

Pelopor Berdirinya Kristen di Dunia 

Sepanjang beratus-ratus tahun, agama Katolik berkuasa didunia. Kuasa penuh dipegang oleh Paus. Tetapi, banyak ketentuan Paus yang kurang mengasyikkan untuk raja-raja. Penyalahgunaan wewenang gereja mengakibatkan problem politik, sosial, ekonomi, serta keprihatinan pada orang-orang didunia. Puncak krisis pada agama Katolik berlangsung waktu Paus Leo X jual surat-surat bernilai penebusan dosa. Hal semacam ini dikerjakan untuk isi kas gerejanya. 

Berikut ini adalah beberapa nama pelopor yang memberi ajaran Kristen yang di kenal didunia : 

  • Tingkah Paus Leo X begitu ditentang oleh Pendeta Luther. Bentuk pertentangan Luther dibuktikan dengan terdapatnya Reformasi. Reformasi Kristen sukses jadikan Kristen jadi sekte sendiri pada saat itu. 
  • Reformasi dimulai pada 31 Oktober 1517 di Saxonia. Pada saat itu, Martin Luther memakukan Sembilan Puluh Lima Tesis tentang Kuasa serta Efikasi Indulgensi pada daun pintu Gereja. Tesis itu diisi perbincangan serta kritisasi pada gereja. 
  • Tetapi, beberapa pelopor Kristen seperti Ulrich Zwingli serta Martin Luther pada akhirnya berselisih memahami. Hingga berdirilah gereja Kristen dengan ajaran yang berlainan. Diluar itu, persaingan perebutan juga mulai berlangsung di antara Lutheran, Puritan, Reformed, serta Presbiterian. 
  • Tiap-tiap ajaran berasumsi dianya paling benar. Karenanya, banyak keluar beragam jenis reformasi. Salah nya ialah Reformasi Jerman. 
  • Reformasi bukan sekedar berhenti hingga disitu. Hal yang paling disayangkan yaitu waktu agama Kristen buang sebagian kitab dari bible agama Katolik. Tetapi, perpecahan begini telah bisa diatasi saat ini. Dapat dibuktikan dari kerukunan beragama pada Kristen dengan Katolik. Perihal ini pula yang sesungguhnya diinginkan oleh Tuhan. 

Perubahan Agama Kristen Dalam Alkitab 

Allah orang Kristen yaitu Allah yang cuma ingin di kenal serta disembah jadi Bapa, Putra serta Roh Kudus. Allah itu Esa, tetapi bukanlah bermakna Esa itu menyelamatkan. Supaya manusia selamat, ia butuh mengimani kekhasan hubungan dalam diri Allah. 

Trinitas yaitu satu ajaran yang membedakan Kristen dengan agama-agama beda. Tanpa ada pemahaman yang baik mengenai Trinitas, Kristen juga akan jadi agama yang kabur. Bila anda tidak meyakini Trinitas, anda tidak layak untuk peroleh keselamatan yang datang dari Allah Bapa. 

Pemahaman yang salah tentang Trinitas, diantaranya : 

  • Triteisme. Yaitu satu ajaran yang menampik keesaan Allah serta yakin kalu Allah itu ada tiga dengan kata lain yakin pada tiga Allah. 
  • Monarkianisme. Yaitu pengajaran kalau Anak Allah hanya model beda dari pernyataan Allah Bapa. 
  • Sabellianisme. Yaitu pernyataan kalau Bapa, Anak, serta Roh Kudus yaitu tiga bentuk eksistensi atau tiga bentuk manifestasi dari satu Allah. 
  • Arianisme. Yaitu ajaran kalau Allah yang Esa sudah diperanakkan oleh Bapa. Oleh karenanya, Anak yaitu satu permulaan. 
  • Socinianisme. Nyaris sama juga dengan arianisme. Yang bermakna kesalahan untuk meyakini pribadi-pribadi Allah yang Esa. 
  • Allah ada dalam satu esensi. Hal semacam ini tertulis dalam Ulangan 6 : 4 “Dengarlah, hai orang Israel : Tuhan itu Allah kita, Tuhan itu Esa. ” 
  • Allah yaitu tiga dalam satu pribadi. Dalam hal semacam ini, Allah mempunyai tiga pribadi. Tetapi, dalam esensi yang sama. 
  • Saat rekanan mempunyai rekanan yang berlainan. Menerangkan kalau rekanan Trinitas dengan abadi lahir dari Bapa, Roh Kudus, serta dengan abadi datang dari Bapa serta Anak. 
  • Tiga pribadi itu sepadan atau sama dengan kekekalan serta otoritas. 
Banyak dari kita yang menduga sudah mengerti histori Kristen dengan baik. Banyak juga yang menduga sudah lakukan perintah Allah dengan benar. Tetapi, kenyataannya tidak sekian. Ada beberapa kekeliruan kecil yang kita kerjakan, termasuk juga dalam pemahaman Trinitas. Sekianlah info tentang histori agama Kristen. Terkecuali sejarahnya, kita harus juga mengerti apa yang diinginkan Yesus dalam kehidupan kita. Mudah-mudahan info diatas bisa menaikkan pikiranmu tentang Kristen. 

0 comments:

Post a Comment